Kamis, 03 Januari 2013

5 Negara Maju dan Berkembang

Amerika Serikat


Ibu Kota  : Washington D.C
Bahasa Negara  : Bahasa Inggris
Pemerintahan  : Republik konstitusional Federal
 -   Presiden  : Barack Obama
 -   Wakil Presiden  : Joe Biden
 -   Juru Bicara Parlemen  : John Boehner
 -   Ketua Mahkamah Agung  : John Roberts
Lagu kebangsaan  : "The Star-Spangled Banner“
Penduduk asli  : Suku Indian
Mata Uang  : Dolar Amerika Serikat
Luas   :
 -  Total 9.826.675 km2
 -  Air (%) 6,76
Letak geografis amerika : Terletak diantara 2 samudera yaitu samudera atlantik dan samudera pasifik, terletak di benua amerika bagian utara berbatasan dengan negara kanada di sebelah utara dan meksiko di sebelah selatan.
Letak Astronomis : Terletak di antara 59° LS - 72° LU dan 36° BB - 163° BT
Iklim   : Iklim mediterrania yaitu Musim Semi, Musim Panas, Musim Gugur, Musim Dingin.
Keadaan Penduduk : Pada tahun 2001, jumlah penduduknya 284.500.000 jiwa. Pertumbuhan penduduknya adalah 0,6% per tahun, dan kepadatan penduduknya 44 jiwa/KM2. 
Keadaan Perekonomian : Negara ini memiliki banyak sumber daya mineral, seperti emas,minyak, batu bara dan endapan uranium. Pertanian membuat negara ini berada di antara produsen utama, di antara lainnya,jagung, gandum, gula dan tembakau. AS memproduksi mobil, pesawat terbang dan benda elektronik. Sekitar 3/4 of penduduk AS bekerja di industri jasa.
Bentang alam: Ada padang rumput di Pesisir Timur, Pegunungan Appalachian Great Plains di tengah negeri ini, Sungai Mississippi-Missouri, Pegunungan Rocky di bagian barat. Danau Ontario di Utara. Danau Erie di Utara. Danau Michigan di Utara.

Arab Saudi

Ibu Kota  : Riyadh
Bahasa Negara  : Bahasa Arab
Pemerintahan  : Monarki Multak Islam
 -   Raja  : Abdullah bin Abdulaziz al-Saud
 -   Pangeran  : Nayef bin Abdul Aziz Al Saud
Lagu kebangsaan  : “Aash Al Maleek”
Penduduk asli  : Suku Badui
Mata Uang  : Riyal
Luas
-  Total 2,240,000 km2 
—Letak Geografis  : Negara Arab Saudi berada di kawasan Asia Barat, tepatnya di Semenanjung Arab.
—Letak Astronomis : Terletak di antara 15° LU - 32° LU dan 34° BT - 57° BT
—Iklim  :  Berdasarkan letak lintangnya, Arab Saudi mengalami dua macam iklim, yaitu iklim tropis (dialami di daerah bagian selatan) dan iklim subtropis (dialami daerah bagian utara). 
—Keadaan Penduduk : Penduduk Negara Arab Saudi berjumlah 25.100.430 jiwa, pertumbuhan penduduknya 3% setiap tahun, dan kepadatan penduduknya 12 jiwa/km2. Penduduknya terdiri dari bangsa Smith, Hasbsyi, dan Badui.
—Keadaan Perekonomian : Pendapatan per kapita rata-rata penduduk Negara Arab Saudi sebesar US$ 8.610. 
—Bentang Alam :Bagian barat dalam wilayah Negara Arab merupakan dataran rendah yang disebut Tihama. Dibagian timur  antara Kuwait dan Qatar  banyak terdapat sumber air yang disebut Oase/Oasis. Sebagian daerah pantai tertutup oleh Sabhka (dataran garam). Pada tempat-tempat tertentu, di daerah ini dijumpai adanya wadi. Di bagian utara terdapat gurun An-nafud yang luasnya mencapai 68.035 km2.Di sebelah selatannya terdapat gurun Rub Al Khali yang luasnya 593.110 km2.

Jepang

Ibu Kota  : Tokyo
Bahasa Negara  : Bahasa Jepang
Pemerintahan  : Monarki Konstitusional,sistem   parlementer
Kaisar  : Akihito
Perdana Menteri  : Yoshihiko Noda
Lagu Kebangsaan  : Kimigayo
Penduduk Asli  : Suku Ainu
Mata Uang  : Yen
Luas
-  Total 377,944 km2
-  Air (%) 0,8
—Letak Geografis : Di kawasan Asia timur yang terpisah dari benua Asia, di sebelah timur benua Asia dan sebelah barat Samudera Pasifik.
—Letak Astronomis :30º LU-47º LU dan 128º BT-146º BT
—Iklim : Secara keseluruhan iklimnya yaitu muson laut sedang
—Keadaan Penduduk : Pada tahun 1998, jumlah penduduk Jepang adalah 126.400.000 jiwa. Pertumbuhan penduduk 0,3% dan kepadatannya adalah 326 jiwa per KM2. Penduduk Jepang termasuk Induk bangsa Mongoloid, suku bangsa aslinya adalah suku bangsa Aino yang tinggal di P. Hokkaido. Penduduk Jepang yang terpadat adalah di P. Honsu dan bagian utara P.Khyushu.
—Keadaan Perekonomian :Kegiatan ekonominya yaitu Industri, Pertanian, Perikanan, Pertambangan, Perhubungan dan perdagangan.
—Bentang alam :Terdiri dari pulau-pulau, empat pulau utama Jepang yaitu Hokkaido, Honsu, Sikoku, dan Khyushu. Pada umumnya adalah daerah bergunung-gunung yang titik tertingginya adalah G. Fuji atau Fujiyama (3778M). Pegunungan di Jepang merupakan masih termasuk rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik, sehingga banyak gunung apinya. Sungai di Jepang pendek-pendek serta deras sehingga baik untuk pembangkit tenaga listrik. Danau di Jepang kecil-kecil yang terbesar adalah D. Biwa.

Singapore

Ibu Kota  : Singapore
Bahasa Negara  : Inggris (utama),Melayu (nasional), Cina Mandarin, Tamil
Pemerintahan  : Republik parlementer
 -  Presiden Tony Tan Keng Yam
 -  Perdana Menteri Lee Hsien Loong
 -  Ketua Parlemen Abdullah Tarmugi
 -  Hakim Agung Chan Sek Keong
Lagu Kebangsaan  : Majulah Singapura
Penduduk Asli  : Melayu
Mata Uang  : Dolar Singapura
Luas
 -  Total 710.2 km2 
 -  Air (%) 1,444
—Letak Geografis : Sebelah utara negara malaysia(semenanjung malaysia) , Sebelah selatan selat singapura, selat pandan,selat sembilan, dan kepulauan Riau(Indonesia), Sebelah timur : Laut Cina Selatan dan Selat Karimata , Sebelah barat : Selat Malaka dan Pulau Sumatra(Indonesia
—Letak Astronomis : 10 LU – 29 LU dan 102 BT – 104 BT
—Iklim: Iklim Singapura adalah tropis, sedang panas dan lembab sepanjang tahun dengan hanya sedikit variasi suhu antara musim dingin dan musim panas.
—Keadaan Penduduk : Jumlah penduduk Singapura adalah 4.151.264 (Juli 2000) terdiri dari berbagai etnis seperti China 76,4 %, Malaysia 14,9 %, India 6,4 % lainnya 6,4 %.
—Keadaan Perekonomi ; Singapura memiliki ekonomi pasar yang sangat maju, yang secara historis berputar di sekitar perdagangan entrepôt. Ekonomi Singapura termasuk di antara sepuluh negara paling terbuka, kompetitif dan inovatif di dunia. Dianggap sebagai negara paling ramah bisnis di dunia, Ratusan ribu ekspatriat asing bekerja di Singapura di berbagai perusahaan multinasional. Terdapat juga ratusan ribu pekerja manual asing. Pendapatan per kapita  : $40.336 .
Bentang Alam : Memiliki banyak pulau yang mengelilingi pulau utama. Banyak memiliki waduk yang dapat dimanfaatkan sebagai irigasi dan sumber energi. Memiliki letak strategis, terutama di jalur pelayaran. Keadaan di daratan utama relatif rata atau datar, sehingga pembangunan fisik dapat dilaksanakan ke segala arah tanpa adanya rintangan alam yang berarti. Komoditas : industry dan pariwisata.

Brasil

Ibu Kota  : Brasília
Bahasa Negara  : Bahasa Portugis
Pemerintahan  :  Republik federal
 -    Presiden   Dilma Rousseff
 -    Wakil Presiden   Michel Temer
Lagu Kebangsaan  : Hino Nacional Brasileiro
Penduduk Asli  : Indian
Mata Uang  : Real
Luas
 -   Total   9,014,077 km2
 -  Air (%)   0,97%
Letak Geografis : Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik,Sebelah Barat berbatasan dengan Negara Peru dan Kolumbia,Sebelah utara berbatasan dengan Samudera Atlantik, Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Atlantik, Negara Uruguay, Paraguay, dan Bolivia.
—Letak Astronomis : 5o LU – 34o LS dan antara  35o BB – 74o BB
—Iklim : Beriklim tropis dan hanya sebagian kecil saja yang beriklim sub tropis. Suhu udara terpanas 37,5oC .Terjadi di wilayah timur laut Negara Brasil. Di sebelah selatanya suhu terpanas mencapai sekitar 29oC. Curah hujan paling tinggi mencapai 4.500 mm di daerah selatan kota Sao Paulo. Musim panas terjadi pada bulan November sampai bulan Mei, sedangkan nusim dingin terjadi pada bulan Mei sampai dengan September. Curah hujan rata-rata 2.000 mm setiap tahunnya.
—Keadaan Penduduk : Penduduk Negara Brasil berjumlah 184.101.110 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya 2,3% setiap tahunnya, sedangkan kepadatan penduduknya rata-rata 22 jiwa/km2 .
—Keadaan Perekonomian : Pendapatan per kapita Negara Brasil sebesar US$ 2.590. Ekspor utama: barang Diproduksi, bijih besi, kopi, jeruk, produk pertanian lainnya Impor Utama : Brazil impor mesin, peralatan listrik, peralatan transportasi, bijih besi, baja, kedelai, alas kaki, kendaraan bermotor, jus jeruk terkonsentrasi, daging sapi, dan kayu keras tropis. Some major imports are machinery, electrical and transportation equipment, cemical products, oil, and electrioncs. Beberapa impor utama mesin, peralatan listrik dan transportasi, produk cemical, minyak, dan electrioncs.  
—Bentang Alam : Hutan tebal yang terdapat di daerah utara yang mencakup Amazon Sungai-sungai yang terdapat di Brasil antara lain Sungai Amazon, Paraná, dan Iguaçu di mana terdapat Air Terjun Iguaçu,  semiarid sepanjang pantai timur laut; pegunungan, bukit, dan dataran tinggi di barat daya, mencakup Mato Grosso; dan dataran rendah di Scotlandia pantai. Di bagian utara Brasil terdapat Hutan Amazon dan semakin terbuka ke arah selatan dengan bukit-bukit dan gunung kecil. Daerah selatan merupakan pusat populasi dan agrikultur Brasil. Beberapa pegunungan terletak di pesisir Samudra Atlantik yang mencapai 2.900 meter dengan puncak tertinggi Pico da Neblina setinggi 2.994 m.


3 komentar:

  1. ini 5 negara maju atau 5 negara berkembang?? tolong jawab

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. ini semua nya negara maju? atau ada negara berkembangnya?

    BalasHapus