Senin, 07 Januari 2013

Pertolongan Darurat


Memberikan pertolongan darurat kepada seseorang dalam keadaan yang tidak memungkinkan dapat dilakukan dengan beberapa tindakan berikut ini :

1. Menghentikan Pendarahan
Pendarahan dapat dihentikan dengan menekan di sekitar bagian luka. Apabila luka terlalu lebar maka daerah  disekitar luka harus ditekan terus menerus.
Posisikan bagian yang luka lebih tinggi dari pada kepala , untuk menghentikan darah dari luka disekitar telapak tangan dan jari jari tangan, tekanlah nadi di pergelangan tangan. Luka di lengan, tekanlah nadi pada ketiak penderita. Apabila luka terdapat di leher atau kepala bagian belakang tekanlah nadi pada leher dibawah telinga. Sedangkan nadi disamping kepala tepat di depan telinga untuk menghentikan pendarahan dikulit bagian atas kepala. Apabila luka di wajah, tekanlah nadi di bawah rahang bawah. Untuk menghentikan pendarahan dapat pula digunakan saputangan yang diikatkan pada kaki atau lengan si penderita.

2. Pernafasan dari mulut ke mulut

Untuk melakukan pernapasan dari mulut ke mulut dipastikan didalam mulut si penderita tidak terdapat sisa makanan, gula-gula, lumpur, dan sebagainya. Penderita dibaringkan terlentang. Buka mulut penderita dengan cara menguakkan rahangnya. Tutuplah mulut si penderita. Selama dilakukan nafas buatan, mulut penderita selalu dalam keadaan terbuka. Tiuplah mulut si penderita kemudian perhatikan apakah udara ditiupkan itu dikeluarkan kembali oleh penderita. Lakukan terus menerus sampai 20 kali tiupan per satu menit untuk anak anak, sedangkan untuk orang dewasa 12 kali tiupan per menit.

3. Membantu Denyut Jantung

Apabila si penderita mengalami kecelakaan yang mengakibatkan denyut jantung berhenti berdenyut maka lakukan hal berikut.
Sebelum ditekan dada penderita hendaknya dilakukan pengurutan segera setelah jantung berhenti berdenyut. Tekanlah bagian paling bawah dada penderita dengan telapak tangan yang ditumpuk. Tekanlah sampai sedalam 5 cm dan diulang penekanan itu sampai 60 tekanan per menit.

4. Tersedak Makanan

Untuk memberikan pertolongan pertama pada penderita yang tersedak makanan, lakukan hal sebagai berikut.
Peluklah pinggang penderita dengan dua tangan dari belakang. Usahakan tubuh bagian atas penderita menggantung ke depan. Kepalkan salah satu tangan anda dan tekankanlah pada perut bagian atas, bagian bawah tulang iga, dan di atas pusar. Kemudian tarik kepalan tangan itu ke bagian atas. Ulangi beberapa kali sampai makanan itu keluar.

5. Shock/Terkejut

Penderita shock atau terkejut dapat diketahui melalui wajahnya yang pucat, badannya dingin dan berkeringat, nafas memburu, terkadang diikuti dengan jantung yang berdebar debar. Untuk mengatasi penderita shock atau terkejut ini, baringkan penderita dengan posisi kaki lebih tinggi daripada kepala. Berikan minuman hangat pada penderita, dapat pula ditambah gula dan garam apabila penderita dalam keadaan sadar.

Beberapa cara menghentikan cegukan dan bersin.
1. Menghilangkan cegukan bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan minum banyak air pada penderita atau menakut nakuti/mengagetkan si penderita . Cara kuno untuk menghilangkan cegukan adalah menaburkan gula ditenggorokan dengan segelas air dan gula.
2. Menghilangkan bersin yang berkelanjutan bisa dengan cara sebagai berikut. Coba letakan telunjuk anda di bawah hidung untuk menutup hidung. Jika tidak berhasil tekanlah hidung anda beberapa saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar